Senin, 21 Oktober 2013

PERUBAHAN PSIKOLOGIS PADA IBU BERSALIN

              Pada ibu hamil banyak terjadi perubahan, baik fisik maupun psikologis. Begitu juga pada ibu bersalin, perubahan psikologis pada ibu bersalin wajar terjadi pada setiap orang, namun ia memerlukan bimbingan dari keluarga dan penolong persalinan agar ia dapat menerima keadaan yang terjadi selama persalinan dan dapat memahaminya sehingga ia dapat beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada dirinya. Perubahan psikologis selama persalinan perlu diketahui oleh penolong persalinan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendamping atau penolong persalinan.
Lesser dan Keane dalam buku Midwifery of Varney, 2002 menyatakan bahwa kebutuhan ibu selama persalinan antara lain: perawatan tubuh, pendampingan oleh keluarga, bebas dari rasa nyeri persalinan, penghormatan akan budaya, dan informasi tentang diri dan janinnya.
a.    Kehadiran yang terus menerus, sentuhan, penghiburan, dan dorongan dari orang yang mendampinginya.
b.   Pergantian posisi sesuaikeinginan dan pergerakan
c.    Masase pada pinggang
d.   Pemberian keleluasan kepada ibu selama persalinan untuk mengeluarkan suara, berteriak, atau menangis.
e.    Visualisasi atau menganjurkan ibu untuk membayangkan proses persalinan akan berjalan dengan mudah dan pemusatan perhatian
f.    Pemutaran musik yang tenang membuat ibu relaks dalam menjalani persalinan.
·       Bentuk – Bentuk Perubahan Psikologis :

1.     Memperlihatkan ketakutan atau kecemasan, yang meneyebabkan  wanita mengartikan ucapan pemberi perawatan atau kejadian persalinan secara pesimistik atau negatif.
2.     Mengajukan banyak pertanyaan atau sangat waspada terhadap sekelilingnya
3.     Memperlihatkan tingkah laku sangat membutuhkan
4.     Memperlihatkan tingkah laku minder, malu atau tidak berharga
5.     Memperlihatkan reaksi keras terhadap kontraksi ringan atau terhadap pemeriksaan
6.     Menunjukkan ketegangan otot dalam derajat tinggi
7.     Tampak menuntut, tidak mempercayai, marah atau menolak terhadap para staf
8.     Menunjukkan kebutuhan yang kuat untuk mengontrol tindakan pemberi perawatan
9.     Tampak ”lepas kontrol” dalam persalinan (dalam nyeri hebat, menggeliat kesakitan, panik, menjerit, tidak merespon saran atau pertanyaan yang membantu).
10.  Merasa diawasi
11.  Merasa dilakukan tanpa hormat. Merasa diabaikan atau dianggap remeh
12.  Respons ”melawan atau menghindar”, yang dipicu oleh adanya bahaya fisik, ketakutan, kecemasan dan bentuk distres lainnya.

·       Faktor yang mempengaruhi rasa sakit :

a.    Rasa takut dan cemas
Rasa takut dan cemas akan meningkatkan respon seseorang terhadap rasa sakit. Rasa sakit terhadap sesuatu yang yang tidak diketahui, rasa sakit terhadap kesendirian dalam menghadapi suatu pengalaman seperti persalinan dan rasa takut akan kegagalan dalam mengatasi rasa cemas akan menambah kecemasan. Pengalaman pahit terdahulu juga akan menambah kecemasan ini.
b.   Kepribadian
Kepribadian memainkan peranan dan wanita secara alamiah tegang dan cemas akan lebih lemah dalam menghadapi stress dibanding wanita yang rileks dan percaya diri
c.    Kelelahan
Wanita yang sudah lelah selama beberapa jam persalinan, mungkin didahului periode ketika tidurnya terganggu oleh ketidaknyamanan dan akhir kehamilannya akan kurang mampu dalam mentolerir rasa sakitnya
d.   Budaya dan sosial
Faktor budaya dan faktor sosial juga nenainkan peran. Beberapa budaya mengharapkan stoitisme (sabar dan membiarkannya), sedang  budaya lainnya mendorong keterbukaan untuk menyatakan perasaan. Persepsi terhadap rasa sakit bisa saja berubah jika wanita tersebut telah mengalami nyeri dan penderitaan sebelumnya
e.    Pengharapan

Pengharapan akan memberi warna pada pengalaman. Wanita yang realistis dalam pengharapannya mengenai persalinannya da mengenai responnya yang mungkin terhadap hal itu barangkali wanita yang paling baik terlengkapi, selama ia masih merasa percaya diri bahwa dia akan mendapatkan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan dan dijamin bahwa ia akan memperoleh analgesia yang sesuai. 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar